Wolipedia - Wisata Solo nggak melulu harus ke tempat-tempat wisatanya saja. Kamu juga bisa mencoba naik transportasi wisata uniknya yang bakal membawa kamu sepanjang jalanan Kota Solo hingga ke daerah-daerah sekitarnya yang sama menariknya. Waw, kayaknya seru banget ya. Simak yuk apa saja transportasi uniknya.

1. Bus Tingkat Werkudhara

Bus Tingkat Werkudhara

Bus Tingkat Werkudara adalah angkutan wisata yang disediakan khusus Pemerintah Kota Surakarta untuk berwisata mengelilingi banyak objek wisata di Kota Solo. Nama bus ini sendiri bersumber dari Werkudara yang merupakan lelakon Wayang Jawa, Werkudara atau Bima adalah salah satu Pandawa yang sangat kuat, dan gagah perkasa sekaligus merupakan urutan kedua dari lima bersaudara. Kisah itulah yang menjadi filosofi Pemerintah Kota Surakarta memberi nama Werkudara yang identik dengan bentuk dari Bus Tingkat Wekudara yang besar, dan kokoh.

Bus Tingkat Werkudara ini memiliki dua lantai. Fasilitas di dalam Bus antara lain: TV, kursi VIP lantai satu, AC, serta tour guide yang akan memandu perjalanan menyusuri resiknya Kota Solo. Para turis bisa melihat pemandangan Kota Solo dari mulai bangunan artistik yang penuh sejarah, Keraton Kasunanan, jajanan khas Solo, dan aktivitas penduduk kota. Pemkot Kota Solo juga menyediakan fasilitas hotspot, nggak ketinggalan juga fotografer sehingga wisatawan dapat berfoto ria selama mengendarai transportasi wisata ini.

Kamu bisa memilih dari banyak rute yang tersedia, bus wisata ini beroperasi pada hari sabtu dan minggu serta libur nasional dengan jadwal pemberangkatan 3 kali dalam sehari  pada jam 09.00, 12.30, dan 03.30 WIB. Reservasi tiket bisa dilakukan jauh hari dengan menghubungi Dishubkominfo Kota Surakarta, jangan sampai penuh duluan dan kalian nggak jadi naik bus tingkat keren ini..

2. Sepur Kluthuk Jaladara

Sepur Kluthuk Jaladara

Transportasi Unik Ke-2 di Solo yang harus dicoba para traveller adalah Sepur Kluthuk Jaladara. Kereta wisata ini unik karena melalui tengah jalanan Kota Solo. Kereta Uap Kluthuk Jaladara sendiri sangat antik dan merupakan kereta buatan Jerman tahun 1896 yang terdiri dari satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang Seri TR 144 dan TR 16. Kereta kuno tersebut masih kuat dan kokoh hingga dapat beroperasi sampai sekarang.

Sama dengan Bus Tingkat Werkudhra, kereta ini berjalan menjelajahi setiap pojok Kota Solo, Jl. Slamet Riyadi jalan utama kota Solo dan singgah sebentar di beberapa tempat perhentian dalam satu trip. Kamu akan melewati Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, dan Gladak.

Kereta wisata ini beroperasi 2 kali dalam seminggu yaitu hari Sabtu dan Minggu. Tarif yang dikenakan memang cukup mahal hingga jutaan rupiah untuk sekali berangkat rombongan namun kalian nggak akan merasa rugi karena banyak sekali fasilitas yang disiapkan mulai dari welcome drink berupa minuman jamu tradisional dan jajanan pasar, live music selama perjalanan, souvenir berupa sampir atau slayer, atraksi kesenian tradisional seperti reog atau jatilan, pemandu perjalanan, tiket masuk museum batik serta coffee break.

3. Railbus Bathara Kresna

Railbus Bathara Kresna

Transportasi Unik Ke-3 dan yang terakhir adalah Railbus Bathara Kresna. Dengan menaiki Railbus rute Solo – Wonogiri ini wisatawan akan menikmati pemandangan yang berbeda di kota ini. Kamu bakal diajak menyusuri Solo dengan menikmati perjalanan Solo-Sukoharjo-Wonogiri dan melihat pemandangan sawah yang menghampar luas, pegunungan yang indah serta lingkungan pedesaan yang dilintasi kereta ini. Railbus ini sendiri berjalan sangat pelan, hanya sekitar 20-30 km/jam.

Kereta wisata Railbus Bathara Kresna ini beroperasi 2 kali sehari PP atau pulang pergi pada pukul 06.00 WIB dari stasiun Purwosari dengan tarif Rp. 4000,- per orang, dari Wonogiri kamu bisa membeli tiket pulang seharga Rp 8.000,- saja. Tapi ingat-ingat, sama seperti Bus Tingkat Werkudhara dan Sepur Kluthuk Jaladara, kamu harus mengantre awal di stasiun agar bisa mendapatkan tiket.
Source: wisatasolo.net
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: